Momen Hari Kartini, Agit Wijaya Tokoh Pemuda Tanjab Barat Soroti Terkait Eksploitasi Perempuan Support Timnas Indonesia, Anwar Sadat Adakan Nobar Semifinal Piala Asia U23 Perkokoh Tali Silaturahmi dan Soliditas MPC Pemuda Pancasila Tanjab Barat Gelar Buka Puasa Bersama dan Berikan Santunan Kepada Anak Difabel Pererat Silaturahmi, SMSI Tanjab Barat Buka Puasa Bersama Bupati Selaku Dewan Pembina 36 Pejabat Manajerial Dilingkungan Pemkab Tanjab Barat Dilantik, PJ Sekda Dahlan Pimpin Proses Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan

Home / Berita / Daerah / Peristiwa

Senin, 13 Desember 2021 - 22:44 WIB

Ketua Komisi II DPRD Tanjab Barat Minta Bupati Langsung Panggil Pihak PT. WKS Cari Solusi Banjir di Bramitam

Kualatungkal (eTiviNews) – Permasalahan banjir diperkebunan milik warga Bramitam, Kabupaten Tanjungjabung Barat yang yang sudah hampir dua bulan lamanya, hingga kini tak kunjung surut. Pemerintah kabupaten Tanjab Barat berupaya memanggil pihak perusahaan Wira Karya Sakti (PT.WKS) untuk duduk bersama dalam mengatasi persolalan ini.

Diketahui sebelumnya, bahwa ribuan hektar lahan perkebunan warga Bramitam Kanan dan Bramitam Raya merugi akibat banjir yang diduga berasal dari luapan pintu kanal PT. WKS, sehingga berdampak pada hasil perkebunan warga serta jutaan tanaman palawija masyarakat mati akibat genangan air dikawasan tersebut.

BACA LAINNYA  PT WKS Bantah Dugaan Penggelapan Pajak Oleh Pihak Kamijo, Ketua Komisi II : Kita Kroscek sama-sama kelapangan

Terkait hal tersebut, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Tanjab Barat, Syufrayogi Syaiful, S.IP mengatakan bahwa dirinya meminta Bupati Tanjab Barat untuk turun tangan dalam menyelesaikan permasalahan ini agar tidak berlarut larut menyengsarakan masyarakat Bramitam.

Politisi Golkar itu kecewa, pasalnya, pada senin 6 desember 2021 lalu kesepakatan pihak pemkab dan perusahaan untuk memberikan laporan kepada pemkab terkait hasil observasi perusahaan terhadap terdampak banjir tersebut. Namun tak kunjung ada perkembangan maupun informasi dari PT. WKS.

“Kesepakatan pemkab dan perusahaan paling lambat tanggal 6 desember, kita minta informasinya dari Dinas Lingkungan Hidup, bagian SDA, belum ada perkembangan sampai hari ini,” ujarnya. Senin, (13/12/2021).

BACA LAINNYA  Agus Sanusi Hadiri Rapat Paripurna Kedua Dalam Rangka Penyampaian Pemandangan Umum Anggota DPRD

“Oleh sebab itu, saya selaku Ketua Komisi II, minta Bupati langsung yang ambil alih atau turun tangan mengatasi persoalan ini agar problem ini segera tuntas, karena kewenangan full ada ditangan pak Bupati,”tambahnya.

Disisi lain, Dewan muda itu menegaskan agar pihak perusahaan juga melakukan gantirugi terhadap tanaman palawija warga yang mati,”nantinya setelah kita mengetahui titik koordinat maupun data perkebunan masyarakat yang terdampak, baru kita minta gantirugi tanaman yang rusak ataupun mati,”tegasnya.

BACA LAINNYA  Cek Lokasi Banjir Kecamatan Bramitam Ketua Komisi II DPRD Tanjabbar : Ini Jadi Perhatian Serius

Terpisah, Bupati Tanjab Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag saat dimintai keterangan, ia menyebut bahwa pemkab Tanjab Barat sudah melayangkan surat kepihak perusahaan dan dalam waktu dekat akan melakukan mitigasi secepatnya.”Kita sudah melayangkan surat keperusahaan dan kita lakukan mitigasi dan evaluasi secepatnya,”sebut Bupati.

Selain itu, pemkab Tanjab Barat akan mempersiapkan upaya lain dalam meminimalisir dampak banjir tersebut, “Pertama kita normalisasi kemudian perbaikan anak sungai atau parit itu yang saya perintahkan setiap kepala desa untuk memperbaiki anak parit. Itu langkah yang awal kita lakukan,” tandasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Berita

Jelang Musda KNPI Provinsi Jambi, Dr. Arqon silaturahmi ke para Tokoh Jambi.

Berita

Breaking News, Dianggap Arogan Siswa-Siswi SMKN 1 Tanjab Barat Lakukan Aksi Lengserkan Kepala Sekolah

Berita

FORKI Tanjab Barat Berhasil Dulang Kemenangan Di Kejuaraan Karate Open Batang Hari Cup 2022

Berita

Terkait Tapal Batas Daerah, Ahmad Jahfar Komitmen Bantu Bupati Selesaikan Persoalan dan Optimis Wilayah Tanjabbar Utuh Terjaga

Berita

Ikuti Jejak Ridwan Kamil, Kader Muda Nasdem Tanjab Barat Putuskan Gabung Ke Golkar

Berita

Masyarakat Adukan Terkait Limbah PDAM, Syufrayogi Ketua Komisi II DPRD :Kami Siap Turun Kelapangan Memfasilitasi Masyarakat

Berita

Tanamkan Budaya Sadar Sampah, Mapala STAI An – Nadwah Bagikan Tong Sampah Kemasyarakat

Berita

Bupati Hadiri Rapat Paripurna Pertama DPRD Dalam Rangka Penyampaian Nota Pengantar LKPJ Bupati Tanjung Jabung Barat Tahun 2022