Bupati Tanjab Barat Anwar Sadat Serahkan 1467 SK Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tiga Terduga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Di Tebing Tinggi Tanjab Barat Diamankan Polisi Petani Pangkal Babu Sukses Budidaya Semangka, Keuntungan Diperkirakan Tembus Ratusan Juta Kunjungi Kantor Demokrat, Ahmad Jahfar Serahkan Formulir Calon Kepala Daerah Momen Hari Kartini, Agit Wijaya Tokoh Pemuda Tanjab Barat Soroti Terkait Eksploitasi Perempuan

Home / Berita / Bisnis / Daerah / Ekonomi / Tokoh

Kamis, 2 Mei 2024 - 13:27 WIB

Petani Pangkal Babu Sukses Budidaya Semangka, Keuntungan Diperkirakan Tembus Ratusan Juta

Foto : M. Ridwan Pemilik Kebun Semangka dan hasil panen semangka Senin (29/04/24)

Foto : M. Ridwan Pemilik Kebun Semangka dan hasil panen semangka Senin (29/04/24)

KUALA TUNGKAL(e-tivinews.id)– Petani asal Pangkal Babu Desa Tungkal I Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi berhasil mengembangkan tanaman semangka hingga raup banyak keuntungan.

Ditanah milik sendiri dan dengan modal sendiri tanaman semangka dibudidayakan oleh M. Ridwan, Ambo Dalek dan satu rekannya lagi Aceng. Mereka yang masih berkerabat dekat mengelola budidaya semangka secara bersama-sama.

Dengan melewati medan yang lumayan menantang kebun semangka yang letaknya tak jauh dari wisata Mangrove Pangkal Babu itu dapat didatangi oleh tim e-tivinews.id dan melakukan wawancara singkat bersama dua dari tiga pemilik kebun semangka yakni M. Ridwan dan Ambok Dalek Senin (29/04/24).

Ridwan mengungkapkan bahwa bibit semangka mulai ditanam diakhir bulan Februari lalu dan sudah dapat di panen dibulan April akhir.

BACA LAINNYA  Bupati Anwar Sadat Buka dan Tinjau Langsung Pasar Beduk Ramadhan 1445 H/2024

“Kami mulai tanam bibit tanggal 26 Februari dan sudah mulai memanen buahnya secara panen pilih dibulan April” Ucapnya

Ia juga sampaikan bahwa modal awal dari penanaman semangka ini menjacapai kurang lebih 30 juta rupiah yang terdiri dari 37 bungkus bibit semangka, biaya pupuk, pembukaan lahan, kandang terpal agar tidak diganggu hama dan biaya lainnya.

Hingga (29/04/24) hasil panen sudah mencapai 15 TON

“saat ini panen belum sampai 50% masih diperkirakan sekitar 15 TON” Ungkapnya

Lebih lanjut ia katakan “untuk pemasaran ada yang kami antar kepenjual ada juga yang ambil sendiri ke kebun, saat ini sudah sampai ketungkal ulu masih didalam Kabupaten belum ada dijual keluar daerah” jelasnya

Saat ini keberadaan kebun semangka sudah banyak diketahui, hingga mengundang banyak pengunjung untuk membeli langsung buah semangka dikebun semangka dan merasakan sensasi memetik langsung dari batangnya.

Keseruan para pengunjung mendatangi langsug kebun semangka

Dengan panen yang kini belum mencapai 50% dengan jumlah 15 ton sudah terjual dan dijual dengan harga jual Rp.5000 per Kg artinya keuntungan yang diperoleh sudah mendekati 200%. Diperkirakan hingga akhir panen nanti keutungan yang diperoleh akan mencapai lebih dari 150 juta rupiah.

Foto : Tim e-tivi, Ambok Dalek Pemilik Kebun Semangka dan Agus Nuryadin Kasi Pemerintahan Kantor Desa Tungkal I

Selain itu Ambo Dalek juga menyampaikan bahwa ilmu bertanam semangka ini bukanlah ilmu yang mereka peroleh dari bangku Pendidikan melainkan dari turun menurun dari kakek nenek mereka.

BACA LAINNYA  Seorang Remaja di Kuala Tungkal Akhiri Hidup Dengan Cara Gantung Diri

“Kami tanam semangka ini emang dari kakek nenek dulu” ucapnya

BACA LAINNYA  Persiapkan Atlet Untuk Ajang Kejurprov, ESI Tanjab Barat Gelar Kejurda Esport

“namun yang menjadi kendala adalah air, kita perlu air untuk penyemprotan dari mulai ditanam agar pertumbuhannya cepat namun disini jauh dari air bersih” keluhnya

“kalau hama yang mengganggu biasa monyet, kalau seperti babi itu tidak bisa masuk karna sudah kita kandang keliling dengan terpal” terangnya

Selain itu ia juga katakan bahwa menanam semangka yang mereka lakukan hanya dapat dilakukan setahun sekali karna memperhitungkan curah hujan dan lain sebagainya.

Sementara itu Agus Nuryadin Kasi Pemerintahan Kantor Desa Tungkal I turut mengapresiasi dengan keberhasilan petani semangka tersebut.

“Ya kami dari pihak pemerintah desa tentunya sangat mensupport dengan pencapaian ini, semoga dapat ditingkatkan lagi, harapannya seperti semangka dan cabe jangan lagi ambil dari luar melainkan memberdayakan petani lokal” ujarnya

“mudah-mudahan kedepan pihak desa bisa memberikan bantuan seperti sumur bor dan lain sebagainya”ucapnya

Ia juga berharap ini dapat menginspirasi banyak orang dan kedepan semakin banyak petani yang mengikuti jejak kesuksesan tersebut. (HF/etv)*

Share :

Baca Juga

Berita

Refleksi Satu Tahun Kepemimpinan UAS-Hairan, Ilham : Tak Perlu di Dramatisir

Berita

Wakil Bupati Tanjab Barat Hairan, SH Buka Secara Resmi Rakor Camat dan Lurah

Berita

Bupati Tanjab Barat Hadiri Peringatan Isra Mi’raj Masjid Nurul Jami Kelurahan Patunas

Berita

Ketua Komisi II DPRD Minta Pemkab Prioritaskan Peningkatan Layanan Kesehatan di Tanjab Barat

Berita

Bupati Sambut Petugas Pantarlih beserta Komisioner KPU Tanjung Jabung Barat di Rumah Dinas

Berita

Bupati Hadiri Wisuda Tahfidz Qur’an ke V Yayasan Al Hikmah Kuala Tungkal Tahun 2023

Berita

PBSI Tanjab Barat Seleksi Atlet Untuk Wakili Tanjab Barat di Ajang Kejurprov di Merangin

Berita

Bupati Tanjab Barat Hadiri Malam Pisah Sambut Kapolres Tanjab Barat