Petani Pangkal Babu Sukses Budidaya Semangka, Keuntungan Diperkirakan Tembus Ratusan Juta Kunjungi Kantor Demokrat, Ahmad Jahfar Serahkan Formulir Calon Kepala Daerah Momen Hari Kartini, Agit Wijaya Tokoh Pemuda Tanjab Barat Soroti Terkait Eksploitasi Perempuan Support Timnas Indonesia, Anwar Sadat Adakan Nobar Semifinal Piala Asia U23 Fantastis Hadiah Juara 1 Arakan Sahur Tanjab Barat 1 Unit Motor dan Uang Tunai Rp 25 Juta, Hadiah Diserahkan Langsung Oleh Bupati

Home / Berita / Daerah

Senin, 30 Januari 2023 - 20:19 WIB

Bupati Pimpin Rapat Pelaksanaan Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Tanjab Barat

KUALA TUNGKAL (e-tivinews.id)- Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M. Ag pimpin langsung Rapat pelaksanaan Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Tanjung Jabung Barat terkait rencana aksi dan upaya Penekanan Stunting yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Senin (30/1/23)

Rapat yang diselenggarakan di Aula Bappeda Kuala Tungkal tersebut, guna menindaklanjuti hasil SSGI Tahun 2022 dan Pencapaian Penurunan Stunting 9,9% Tahun 2022 Kabupaten Tanjab Barat. Rapat tersebut diikuti oleh Sekda Ir. H. Agus Sanusi, M. Si, Asisten Ekbang, Kepala Dinas Kesehatan, PUPR, Bappeda, PMD, Sosial, Perkim,  Diskominfo, Dirut RSUD Daud Arif Kuala Tungkal, dan Pasi Terdim Kodim 0419/Tanjab.

BACA LAINNYA  Volume Sampah Meningkat Saat Idul Fitri, DLH Tanjab Barat Lakukan Pengangkutan Ekstra

Bupati dalam pemaparannya menghimbau kepada para kepala OPD dan Instansi Vertikal agar secara bersama – sama dalam mengatasi Permasalahan stunting sesuai dengan Tupoksi dari masing – masing Dinas dan Program yang telah disepakati dalam rapat Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

” Penurunan angka stunting Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang sangat signifikan ini didapat dari usaha masif yang dilakukan Pemkab Tanjung Jabung Barat, ada beberapa hal yang signifikan berpengaruh dalam penurunan stunting, yakni keseriusan daerah dalam rapat – rapat stunting, dan juga poin safari jumat dan Safari Subuh yang kita laksanakan selama ini, karena kegiatan itu juga ada pemberian sembako kepada masyarakat dan sekaligus penyuluhan kepada warga masyarakat kita tentang gizi.

BACA LAINNYA  Raih Juara Umum MTQ ke-50 Tingkat Provinsi Jambi Tanjab Barat Dibanjiri Ucapan Selamat dan Syukur Warganya

“Selanjutnya, juga melaksanakan program pemberian makanan tambahan (PMT) di seluruh Desa dengan dianggarkan pada dana Desa,” tambahnya.

Lebih lanjut, Bupati juga menghimbau agar diadakan penguatan Program Posyandu secara masif dengan melibatkan organisasi profesi seperti PKK, Dharma Wanita Persatuan, IDI, IBI, PPNI, serta melibatkan organisasi Potensial seperti Komunitas dan ini diperkuat dengan MOU ( Memorandum of Understanding). Selain itu Bupati mengajak agar masyarakat desa gemar makan ikan, dan mengikuti Program pendampingan terhadap bayi yang baru lahir yang dilakukan oleh TP- PKK.

BACA LAINNYA  IGI Tanjab Barat Laksanakan Kegiatan POP Tahun Ke-3, Peningkatan Kualitas Guru dan Kepala Sekolah Tingkat SMP

Ditambahkan Bupati, dalam rangka penurunan stunting juga diperlukan upaya perbaikan sanitasi baik oleh Pemkab maupun oleh Desa melalui Dana Desa, melaksanakan kerja sama dengan instansi Teknis terkait seperti TNI, Polri, dan Melaksanakan MOU dengan Dinas Kesehatan dengan Pengadilan Agama dalam hal menekan pernikahan di bawah umur.

“Selain itu juga membumikan istilah stunting dengan istilah yang dimengerti oleh masyarakat Desa, selain itu berikan insentif pada kader Pembangunan Desa, ” Ujarnya

Share :

Baca Juga

Berita

Abit, Kesenian Atraksi Api yang Sempat Redup Kini Kembali Di Gelar Di Parit 5 Darat Kuala Tungkal

Berita

Bupati Tanjab Barat Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2023

Berita

Bupati Tanjung Jabung Barat Tinjau Distribusi Logistik Pemilu 2024

Berita

Refleksi Satu Tahun Kepemimpinan UAS-Hairan, Ilham : Tak Perlu di Dramatisir

Berita

Pemkab Tanjab Barat Gelar Upacara Hari Perhubungan Nasional Tahun 2023

Berita

Wakil Bupati Hairan Buka Secara Resmi Kegiatan Kodam II/Sriwijaya Masuk Kampus

Berita

Ikatan Wartawan Online (IWO) Tanjab Barat Laksanakan Mubesda Eko Terpilih Sebagai Ketua Secara Aklamasi

Berita

Pemkab Tanjab Barat Jalin Kerjasama dengan Sejumlah Media Massa