Anggaran KPU Tanjab Barat Capai Puluhan Miliar, Proses Pencabutan Nomor Urut Paslon Bupati-Wakil Bupati Mengecewakan UAS-Katamso Mendapat Nomor Urut 1 untuk Pilkada 2024, Diyakini Lanjut 1 Periode Lagi MTQ Ke-52 Tingkat Kabupaten Tanjab Barat, Sekda : Momentum Lahirkan Generasi Qur’ani yang Cerdas Resmi Mendaftar Ke KPU Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati UAS-Katamso Dibanjiri Dukungan Masyarakat Melalui Olahraga Tradisional Dibawah Naungan KORMI, Bupati Anwar Sadat Ajak Lestarikan Budaya

Home / Berita / Budaya / Islam

Senin, 10 Juni 2024 - 10:42 WIB

Gelaran MTQ Ke-31 Tingkat Desa Tungkal I Disambut Antusias Warga Sekitar

Foto : Gelaran MTQ Ke-31 Tingkat Desa Tungkal 1

Foto : Gelaran MTQ Ke-31 Tingkat Desa Tungkal 1

Kuala Tungkal (e-tivinews.id)-Sejak Selasa (04/06/24) hingga  Sabtu (08/06/24) warga desa Tungkal 1 tampak antusias dalam mengikuti MTQ ke-31 dengan tema “Melalui Musabaqoh Tilawatil Quran kita gali potensi minat dan bakat generasi pecinta Al-Quran yang Cerdas Unggul Dan Berkarakter” di desanya, tepatnya di RT 04 Parit Lapis. Hal ini di karenakan festival keagamaan Islam kali ini merupakan acara yang sudah tidak dilaksanakan sejak 5 tahun terakhir.

Muhsin selaku ketua pelaksana menyebutkan bahwa festival religi ini melibatkan seluruh warga desa Tungkal 1 untuk berpartisipasi, baik sebagai peserta maupun panitia.

BACA LAINNYA  Bupati Tanjab Barat Hadiri Haul Syekh Abdul Qodir Al Jailani

Sebelum acara inti di mulai terlebih dahulu dibuka oleh penampilan hadrah di setiap malamnya, yang mana anggota dari grup hadrah tersebut merupakan remaja Desa Tungkal 1 yang sudah terbentuk jauh sebelum festival keagamaan Islam ini diadakan.

Dalam acara MTQ ke-31 tingkat desa kali ini terdiri dari beberapa cabang lomba yang dikelompokkan menjadi 3 kalangan mulai dari anak-anak usia maksimal 14 tahun, remaja maksimal usia 23 tahun hingga dewasa usia maksimal 39 tahun.

Adapun cabang lomba di kalangan anak-anak meliputi Tilawatil Qur’an putra putri, Tartil Qur’an putra putri, dan Tahfiz Qur’an putra putri. Di kalangan remaja meliputi Tilawatil Qur’an putra putri, Tartil Qur’an putra putri, Berzanji Natsar dan Maulid Habsyi. Serta di kalangan dewasa Tilawatil Qur’an putra putri, Berzanji Natsar dan Maulid Habsyi.

BACA LAINNYA  Pelaku Begal Payudara Tertangkap OKP Bidang Perempuan Apresiasi Polres Tanjab Barat

Tidak hanya banyak cabang lomba Islami yang diadakan, acara keagamaan Islam kali ini juga mengadakan lelang.

“Acara lelang ini sudah diatur sedemikian rupa oleh panitia, di mana beberapa warga sudah di tunjuk untuk melelang hasil karya mereka di setiap malamnya. Kemudian keuntungan lelang dibagi kedua pihak yaitu pihak surau Al-Irsyad Parit Lapis dan pihak panitia.

BACA LAINNYA  Polemik Perda RTRW Rugikan Tanjab Barat Tokoh Pemuda Minta Gubernur Turun Selesaikan Persoalan

Hasil yang diberikan kepada pihak panitia digunakan sebagai dana tambahan untuk lebih  memeriahkan acara di malam selanjutnya”, Ujar Pak Muhsin.

Hal menarik selain diadakannya lelang para warga diberikan kesempatan untuk menjual barang dagangan di bazar acara tersebut. Hal ini membuat kalangan ibu -ibu berlomba-lomba membuat kue terbaik untuk dititipkan di bazar. Kemudian panitia bazar menjual dengan harga yang sedikit lebih tinggi  untuk mendapatkan keuntungan. (Mhs)*

Share :

Baca Juga

Berita

Breaking News, Dianggap Arogan Siswa-Siswi SMKN 1 Tanjab Barat Lakukan Aksi Lengserkan Kepala Sekolah

Berita

Bupati Buka Secara Resmi MTQ ke-51 Tingkat Kabupaten Tanjab Barat di Desa Dataran Kempas

Berita

Sekda Hadiri FGD Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Sektor Jasa Industri di Tanjab Barat

Berita

Bupati  Hadiri Pelantikan 35 Anggota DPRD Tanjab Barat Periode 2024-2029

Berita

Bupati Tanjab Barat Kunjungi Pengawas Pemilu yang Jatuh Sakit

Berita

ESI Tanjab Barat Gelar Turnamen Esport Untuk Jaring Atlet Potensial

Berita

Cek Endra Sebut Golkar Tanjab Barat Satu-satunya DPD Kabupaten yang Miliki Struktural Hingga Tingkat Desa

Berita

Anggaran KPU Tanjab Barat Capai Puluhan Miliar, Proses Pencabutan Nomor Urut Paslon Bupati-Wakil Bupati Mengecewakan