Perkokoh Tali Silaturahmi dan Soliditas MPC Pemuda Pancasila Tanjab Barat Gelar Buka Puasa Bersama dan Berikan Santunan Kepada Anak Difabel Pererat Silaturahmi, SMSI Tanjab Barat Buka Puasa Bersama Bupati Selaku Dewan Pembina 36 Pejabat Manajerial Dilingkungan Pemkab Tanjab Barat Dilantik, PJ Sekda Dahlan Pimpin Proses Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Menparekraf RI Sandiaga Uno Apresiasi Suksesnya Festival Arakan Sahur Tanjab Barat Sebagai Simbol Pelestarian Budaya dan Promosi Pariwisata Daerah Bupati Anwar Sadat Dampingi Menparekraf Sandiaga Uno Kunjungi Wisata Mangrove Pangkal Babu

Home / Berita / Daerah

Kamis, 17 November 2022 - 09:36 WIB

Bupati Anwar Sadat Hadiri Media Gathering Persiapan Pemutakhiran Data Pemilih dan Pemetaan TPS Pemilu 2022

Kuala Tungkal (e-tivinews.id)- Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag menghadiri Media Gathering dalam rangka Persiapan Pemutakhiran Data Pemilih dan Pemetaan TPS pada Pemilu 2022 yang diselenggarakan oleh KPU di aula Tungkal Hotel. Rabu (16/11/22).

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Kadis Dukcapil Tanjab Barat, Ketua KPU Tanjab Barat, Ketua Bawaslu Tanjab Barat, Ketua Aliansi Wartawan Tanjung Jabung Barat beserta anggota, Ketua STAI An-Nadwah, Para pemimpin ormas, Para ketua OKP, tokoh masyarakat, dan undangan lainnya.

Disampaikan Ketua Panitia, Muhammad Amin dalam sambutannya, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk menyusun daftar pemilihan dalam penyelenggaraan pemilu yang penuh kemutakhiran, konverensif, dan  ekslusif.

Sementara itu, Ketua KPU Tanjab Barat Hairuddin, S.sos yang menyampaikan  sebagaimana yang telah diketahui bahwasanya pemilihan umum tahun 2024 sudah launching oleh jajaran KPU RI sampai ke KPU Kabupaten Tanjab Barat, yang mana pemungutan suara untuk Pemilu 2024 dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 dan untuk Pilkada tahun 2024 akan dilaksanakan pada hari Rabu, 27 November 2024.

BACA LAINNYA  Tersangka Kasus Begal Payudara Ajukan Pra Peradilan, OKP Bidang Perempuan : Gangguan Jiwa Kok Boleh Bawa Mobil?

” Dengan adanya pelaksanaan media gathering ini untuk persiapan pemutakhiran data pemilihan, serta pemetaan TPS bahwa untuk data pemilih sumbernya adalah dari kemendagri yang melalui bidang Dukcapail RI maka pendataan tersebut di beri ke KPU RI dan diserahkan ke KPU provinsi maupun ke KPU Kabupaten/kota itulah data yang akan dimutakhirkan,” ujarnya

Pemutakhiran tersebut akan dijadikan daftar pemilih sementara kemudian sampai adanya perbaikan-perbaikan sampai akhir, sampai pada daftai pemilih tetap, daftar pemilih tetap itu adalah masyarakat yang memilih di TPS pada saat hari pemungutan suara nanti,” tambahnya

BACA LAINNYA  Wakil Bupati Tanjab Barat Buka Secara Resmi MTQ ke-15 Tingkat Kecamatan Muara Papalik

Dijelaskannya, pada Pemilu 2019 lalu jumlah TPS sebanyak 1.004 TPS, namun sebagaimana dalam perkembangan penduduk serta memerhatikan kemudahan bagi masyarakat ke TPS maka akan direncanakan bertambah sekita 130 TPS . Maka jumlah TPS pada Pemilu 2024 nanti berjumlah 1.134 TPS.

Bupati Tanjab Barat Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag dalam sambutannya mengatakan bahwa hal terpenting dalam kesuksesan penyelenggaraan pemilu adalah kesiapsiagaan aparat keamanan termasuk stakeholder penyelenggaraan pemilu sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 22E bahwa pemilu dilaksanakan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil setiap 5 tahun sekali untuk memilih anggota DPR, DPD, presiden dan wakil presiden serta DPRD.

“Oleh karenanya pemilu merupakan arena kompetisi atau konflik yang dianggap sah untuk meraih maupun mempertahankan kekuasaan. Namun hal lain yg perlu kita pahami adalah mengutip apa yang sering disampaikan ketua KPU RI Hasyim Asy’ari bahwa pemilu dijadikan sarana integrasi sekaligus arena musyawarah besar rakyat Indonesia untuk memilih pemimpin serta menata kemajuan bangsa dalam bingkai NKRI,” ungkapnya

BACA LAINNYA  Heboh, Warga Kuala Tungkal Temukan Jejak Hewan Asing, Ternyata Tapir Nyasar

Menurut Bupati, media massa juga memiliki peran penting untuk mensukseskan pemilu 2024 mendatang, kehadiran media massa bukan hanya sebagai bahan penyampaian informasi tetapi sebagai sarana edukasi sekaligus penangkal hoaks yang sering beredar dikalangan masyarakat.

“Maka dari itu kami selaku pemkab Tanjung Jabung Barat siap memfasilitasi kelancaran pelaksanaan pemilu yang akan datang, saya juga menghimbau agar camat, lurah, dan kades bisa memberikan fasilitas ruang kerja bagi ppk dan pps yang nanti akan dibentuk oleh KPU Tanjab Barat, sekaligus saya mengingatkan bahwa bantuan dan fasilitas yang diberikan tersebut tetap sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Share :

Baca Juga

Berita

KPU Tanjab Barat Resmi Umumkan DCS Caleg DPRD Pemilu 2024

Berita

Sandiaga Uno Bakal Buka Festival Arakan Sahur Tanjab Barat, Yuk Intip Keunikannya !

Berita

Persiapkan Atlet Untuk Ajang Kejurprov, ESI Tanjab Barat Gelar Kejurda Esport

Berita

Bupati Tanjab Barat Resmi Launching Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah Bantuan Pangan Tahap II

Berita

Turnamen Futsal BRI Cup Kuala Tungkal Ricuh, Hingga Wasit Cidera Serius

Berita

Heboh ! Penemuan Mayat Tanpa Identitas di BTN Pelangi Jabung Raya Asri Kuala Tungkal

Berita

Karang Taruna Tanjab Barat Gelar Futsal Cup, Adib : Ini Modal Kita Menggali Potensi Bibit Atlet

Berita

HBA Lakukan Reses Guna Serap Aspirasi Masyarakat, Ketua DPD II Partai Golkar Ahmad Jahfar Turut Dampingi