Momen Hari Kartini, Agit Wijaya Tokoh Pemuda Tanjab Barat Soroti Terkait Eksploitasi Perempuan Support Timnas Indonesia, Anwar Sadat Adakan Nobar Semifinal Piala Asia U23 Perkokoh Tali Silaturahmi dan Soliditas MPC Pemuda Pancasila Tanjab Barat Gelar Buka Puasa Bersama dan Berikan Santunan Kepada Anak Difabel Pererat Silaturahmi, SMSI Tanjab Barat Buka Puasa Bersama Bupati Selaku Dewan Pembina 36 Pejabat Manajerial Dilingkungan Pemkab Tanjab Barat Dilantik, PJ Sekda Dahlan Pimpin Proses Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan

Home / Berita / Daerah / Ekonomi / Peristiwa

Rabu, 19 Juli 2023 - 10:05 WIB

Hadiri Rakor Penanggulangan Karhutla Wabup : Kita Akan Terus Jalin Sinergi Guna Antisipasi Karhutla di Tanjabbar

Wabup Hadiri Rakor Penanggulangan Karhutla Selasa (18/07/23)

Wabup Hadiri Rakor Penanggulangan Karhutla Selasa (18/07/23)

Jambi (e-tivinews.id)- Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat, H. Hairan SH sampaikan bahwa Pemkab Tanjung Jabung Barat akan terus menjalin sinergi dengan berbagai pihak termasuk TNI, Polri, masyarakat dan pihak terkait lainnya dalam mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Hal tersebut disampaikan Wabup dalam wawancaranya usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Jambi tahun 2023 bersama Kepala BNPB RI Letjen TNI Suharyanto. Selasa malam (18/07/23)

Lebih lanjut, Hairan juga tegas menghimbau kepada masyarakat dan seluruh perusahaan yang beroperasi di wilayah Tanjung Jabung Barat agar tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar. Terkait hal yang sama, Wabup berharap agar para Kades dapat terus mengawasi dan menghimbau masyarakatnya agar tidak melakukan pembakaran lahan.

BACA LAINNYA  Bupati Tanjab Barat Hadiri Pelantikan dan Sumpah Jabatan Direktur Perumda Air Minum Tirta Pengabuan

“Tujuannya agar kondisi tetap kondusif, jangan coba-coba membakar lahan, karena ini bisa menimbulkan Karhutla.” tegasnya.

“ jika sudah dihimbau masih saja membandel, maka polres Tanjabbar akan menindak secara Hukum.” Pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala BNPB RI Letjen TNI Suharyanto dalam rapat menyampaikan arahannya terkait perubahan iklim yang merupakan fenomena yang mengerikan yang bisa menyebabkan karhutla.

“ Perubahan iklim itu paling ditakuti oleh semua negara, dan perubahan iklim merupakan penyebab peningkatan frekuensi bencana secara drastis, dalam satu bulan terakhir terpantau Provinsi Jambi memiliki total 490 hotspot dan titik panas terbanyak berada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. ” Ujar Kepala BNPB RI.

BACA LAINNYA  Komisi II DPRD Tanjab Barat Tinjau Langsung PT IIS, Yogi : Kita Akan Pantau Terus Perkembangannya

Lebih lanjut Letjen TNI Suharyanto berpesan kepada seluruh Kepala BPBD Kabupaten/Kota se- Provinsi Jambi, untuk terus bergerak secara masif dalam mengantisipasi Karhutla.

“ Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) harus dilakukan secara masif, ini bertujuan guna mempersiapkan cadangan persediaan air,” pesan Suharyanto.

Kepala BNPB juga mengungkapkan, saat ini BNPB telah menyediakan pesawat helikopter sebanyak 6 unit guna membantu penanganan karhutla melalui jalur udara.

BACA LAINNYA  Siswa-Siswi SDN 107 Kuala Tungkal Ikuti Vaksinasi Covid-19

Diakhir kegiatan, Kepala BNPB juga menyerahkan bantuan alat berupa mesin pompa, nozzle, selang, flexible tank dengan kapasitas 5.000 L serta perlengkapan APD guna mendukung operasi melalui jalur darat.

Rapat yang dilaksanakan di Auditorium rumah dinas Gubernur Jambi tersebut diikuti oleh Gubernur Jambi H. Al-Haris, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi, Para Bupati se Provinsi Jambi serta Para Kapolres jajaran Polda Jambi, dan para Dandim jajaran Korem 042/ Gapu.

Share :

Baca Juga

Berita

PERSEROSI Tanjab Barat Raih 11 Mendali di Ajang Piala Maulana Tingkat Provinsi Jambi

Berita

Info : “Besok DPRD Tanjab Barat Akan Gelar Vaksinasi Massal Gratis”.

Berita

Pemkab Tanjab Barat Raih Penghargaan Peringkat 3 Pengelolaan DAK Fisik Terbaik Tahun Anggaran 2023

Daerah

Akibat Cuaca Ekstrem Tangkapan Nelayan Di Kuala Tungkal Menurun

Berita

Sekretaris Daerah Gelar Rapat Persiapan Keberangkatan Jamaah Haji Tanjab Barat

Berita

Bupati Anwar Sadat Hadiri Pelantikan PAW DPC APDESI Tanjab Barat 2023-2025

Berita

Sejumlah Tempat Wisata Tanjab Barat Tak Terurus, Keseriusan Disparpora mengelola pariwisata dipertanyakan?”.

Berita

Pertama Kali Ikuti Porprov Atlet Esport Tanjab Barat Berhasil Sumbang Medali