Polisi Terbitkan DPO Oknum Kepala Sekolah Terduga Pelaku Pelecehan Seksual Fraksi Golkar Minta Pemerintah Daerah Perhatikan Target RPJMD di Akhir Masa Jabatan Bupati dan Soroti Soal Sampah Bupati Tanjab Barat Anwar Sadat Serahkan 1467 SK Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tiga Terduga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Di Tebing Tinggi Tanjab Barat Diamankan Polisi Petani Pangkal Babu Sukses Budidaya Semangka, Keuntungan Diperkirakan Tembus Ratusan Juta

Home / Berita / Daerah / Ekonomi / Peristiwa

Rabu, 19 Juli 2023 - 10:05 WIB

Hadiri Rakor Penanggulangan Karhutla Wabup : Kita Akan Terus Jalin Sinergi Guna Antisipasi Karhutla di Tanjabbar

Wabup Hadiri Rakor Penanggulangan Karhutla Selasa (18/07/23)

Wabup Hadiri Rakor Penanggulangan Karhutla Selasa (18/07/23)

Jambi (e-tivinews.id)- Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat, H. Hairan SH sampaikan bahwa Pemkab Tanjung Jabung Barat akan terus menjalin sinergi dengan berbagai pihak termasuk TNI, Polri, masyarakat dan pihak terkait lainnya dalam mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Hal tersebut disampaikan Wabup dalam wawancaranya usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Jambi tahun 2023 bersama Kepala BNPB RI Letjen TNI Suharyanto. Selasa malam (18/07/23)

Lebih lanjut, Hairan juga tegas menghimbau kepada masyarakat dan seluruh perusahaan yang beroperasi di wilayah Tanjung Jabung Barat agar tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar. Terkait hal yang sama, Wabup berharap agar para Kades dapat terus mengawasi dan menghimbau masyarakatnya agar tidak melakukan pembakaran lahan.

BACA LAINNYA  Geger, Seorang Pemuda di Kuala Tungkal Akhiri Hidup Dengan Cara Gantung Diri

“Tujuannya agar kondisi tetap kondusif, jangan coba-coba membakar lahan, karena ini bisa menimbulkan Karhutla.” tegasnya.

“ jika sudah dihimbau masih saja membandel, maka polres Tanjabbar akan menindak secara Hukum.” Pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala BNPB RI Letjen TNI Suharyanto dalam rapat menyampaikan arahannya terkait perubahan iklim yang merupakan fenomena yang mengerikan yang bisa menyebabkan karhutla.

“ Perubahan iklim itu paling ditakuti oleh semua negara, dan perubahan iklim merupakan penyebab peningkatan frekuensi bencana secara drastis, dalam satu bulan terakhir terpantau Provinsi Jambi memiliki total 490 hotspot dan titik panas terbanyak berada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. ” Ujar Kepala BNPB RI.

BACA LAINNYA  BANJIR ROB KEMBALI GENANGI SEJUMLAH TITIK DI KUALA TUNGKAL

Lebih lanjut Letjen TNI Suharyanto berpesan kepada seluruh Kepala BPBD Kabupaten/Kota se- Provinsi Jambi, untuk terus bergerak secara masif dalam mengantisipasi Karhutla.

“ Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) harus dilakukan secara masif, ini bertujuan guna mempersiapkan cadangan persediaan air,” pesan Suharyanto.

Kepala BNPB juga mengungkapkan, saat ini BNPB telah menyediakan pesawat helikopter sebanyak 6 unit guna membantu penanganan karhutla melalui jalur udara.

BACA LAINNYA  Bupati Turut Hadiri Sosialisasi Peran Perempuan Dalam Partisipasi Politik

Diakhir kegiatan, Kepala BNPB juga menyerahkan bantuan alat berupa mesin pompa, nozzle, selang, flexible tank dengan kapasitas 5.000 L serta perlengkapan APD guna mendukung operasi melalui jalur darat.

Rapat yang dilaksanakan di Auditorium rumah dinas Gubernur Jambi tersebut diikuti oleh Gubernur Jambi H. Al-Haris, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi, Para Bupati se Provinsi Jambi serta Para Kapolres jajaran Polda Jambi, dan para Dandim jajaran Korem 042/ Gapu.

Share :

Baca Juga

Berita

Bupati Tanjab Barat Laksanakan Kunjungan Safari Jumat ke Masjid Al-Kautsar Desa Pematang Lumut

Berita

UAS-HAIRAN Dampingi Gubernur Jambi Al Haris pada Pembukaan dan Pelepasan Peserta Festival Arakan Sahur 2023

Berita

Bupati Anwar Sadat Hadiahkan Sepeda Baru dan Kursi Roda untuk Pedagang Kecil dan Penyandang Disabilitas

Berita

Komisi II DPRD Sidak Pasar Tanggo Rajo Ilir Kuala Tungkal Pastikan Harga dan Ketersediaan Bahan Pokok Stabil

Berita

Netizen Heboh !!! Listrik di Kuala Tungkal Sekitar sering padam, Ternyata ini sebabnya.

Berita

Bupati Turut Hadiri Buka Bersama DPD Partai Golkar Tanjab Barat

Berita

Petrochina Laksanakan Kegiatan Sekolah Aman Bencana di TK IGI Plus Tanjung Jabung Barat

Berita

Wakil Bupati Hairan Buka Secara Resmi Kegiatan Kodam II/Sriwijaya Masuk Kampus