Sinergitas IGI Tanjab Barat Bersama Disdikbud Tanjab Barat dan Tanoto Foundation Dalam Meningkatkan Kualitas Komunitas Belajar di Tanjab Barat Terima Kunjungan Pengurus IWO Tanjab Barat, AKBP Padli: Peran Media Sangat Strategis dalam Membantu Polri Diduga Lakukan Aborsi Seorang Perempuan dan Bayi Ditemukan Meninggal Di Kamar Hotel Di Kuala Tungkal Ikuti Jejak Ridwan Kamil, Kader Muda Nasdem Tanjab Barat Putuskan Gabung Ke Golkar Polres Tanjab Barat Berhasil Amankan Terduga Pelaku Penyalahgunaan BBM Subsidi

Home / Berita / Daerah

Jumat, 3 Juni 2022 - 00:23 WIB

Jadi Pembicara Kuliah Umum Ilmu Politik UNJA, Yogi: Mahasiswa Fisipol Harus Peka Terhadap Isu-Isu Politik

JAMBI (etivinews.id)- Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Sufrayogi Syaiful menjadi pemateri dalam kuliah umum Prodi Ilmu Politik Universitas Jambi dalam rangka mendukung upaya menciptakan lulusan yang memiliki daya saing dalam dunia pekerjaan dengan tema Persaingan Global, Politik dan Fresh Graduate, Kamis (02/06/22).

Kuliah umum yang digelar di Aula lantai II Jurusan Ilmu Pemerintahan dan Politik (Fisipol) dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dr Arfa’i., S.H. M.H serta Ketua Program Studi Ilmu Politik, Moh. Arief Rakhman, S.IP., M.I.Pol dan dipandu Moderator Dori Efendi, Ph.d dan diikuti oleh mahasiswa Jisipol baik secara langsung maupun melalui zoom.

BACA LAINNYA  Ayah dan Anak Meninggal didalam Tangki Minyak Kapal yang diduga Pengangkut Minyak ilegal, Siapakah yang Bertanggung Jawab?

Selaku Moderator, Dori menjelaskan mahasiswa Fisipol harus mampu menganalisi situasi perpolitikan yang sedang memanas, Utamanya, perang yang sedang terjadi di Ukraina.

“Perang antara Ukraina dan Rusia diawali dengan perang kepentingan yang tidak terelakkan lagi, motif utamanya tentu ekonomi,” ungkapnya.

Peserta Kuliah Umum Ilmu Politik UNJA

Sedangkan Yogi Dalam paparannya menjelaskan bahwa konflik di antara Ukraina dan Rusia memberikan pengaruh kepada Indonesia.

BACA LAINNYA  Kabar Gembira Bagi Pecinta Skincare MS GlOW Kuala Tungkal, MS GLOW Tungkal Sari Resmi menjadi Agen MS GLOW di Kuala Tungkal.

“Pengaruhnya cukup besar terhadap situasi Indonesia, terutama dalam masalah ekonomi dan politik, ini bisa dilihat dari proses akan dilaksanakannya pertemuan G20 di Indonesia,” katanya.

Sebagai mahasiswa Fisipol kata Yogi penguasaan terhadap analisis politik dan teknologi menjadi suatu keharusan yang harus dimiliki.

“Kita harus bisa beradaptasi dengan perubahan dunia yang semakin cepat, terlebih dalam penguasaan teknologi,” jelasnya.

Syufrayogi Syaiful, S.IP Ketua Komisi II DPRD Diberikan Cendra Mata Oleh Panitia Penyelenggara Kuliah Umum

Diharapkan dalam kegiatan ini, mahasiswa Fisipol dapat lebih peka mengenai isu politik global dan dapat memiliki daya saing dalam skala global.

BACA LAINNYA  Kohati PB HMI Bersama Kohati Badko Jambi Gelar Seminar Kohati Penggerak Literasi

“Di era sekarang, persaingan menjadi hal yang tidak bisa dihindari, untuk itu Mahasiswa Jisipol harus dapat beradaptasi dan peka terhadap isu-isu politik yang ada,” tambahnya.

Jika hal itu dimiliki, maka setelah lulus nanti, mahasiswa Jisipol dapat bersaing dalam dunia kerja yang semakin sulit.

Para mahasiswa sendiri tampak antusias mengikuti kuliah umum dan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada narasumber

Share :

Baca Juga

Berita

Akibat BBM Langka Nelayan Kuala Tungkal Gantung Jaring, Syufrayogi : HNSI akan berdialog dengan pihak Pertamina

Berita

Technician Education Can Fuel Financial Success

Berita

Si Jago Merah Lahap Sejumlah Rumah dan Kios Di Parit 1 Kuala Tungkal

Berita

Pelaku Begal Payudara Tertangkap OKP Bidang Perempuan Apresiasi Polres Tanjab Barat

Berita

Geger, Seorang Pemuda di Kuala Tungkal Akhiri Hidup Dengan Cara Gantung Diri

Berita

Syufrayogi Syaiful Terpilih Menjadi Ketua Umum KAUMY Jambi

Berita

Banjir Rob Kuala Tungkal Kembali Telan Korban Tenggelam

Berita

Terkait Pra Peradilan Yang Diajukan Pihak Tersangka Begal Payudara, Ini Tanggapan Keluarga Korban