Terima Kunjungan Michigan State University (MSU) Amerika Serikat Bupati Tanjab Barat Kenalkan Wisata Mangrove Demo Kantor Gubernur Jambi, MPC PP Tanjung Jabung Barat Minta Oknum Pelaku Anarkisme Ditindak Tegas DPD Partai Golkar Tanjab Barat Serahkan Bantuan Kebakaran Kampung Nelayan, Siap Dorong Normalisasi Bangunan Bentuk Kepedulian Sesama MPC Pemuda Pancasila Tanjab Barat Berikan Bantuan Korban Kebakaran Kuala Tungkal Rumah Bahasa dan Tahfidz Qur’an UPT SPNF Tanjab Barat Gelar Wisuda Angkatan Pertama, 101 Orang Diwisuda

Home / Berita / Daerah

Jumat, 3 Juni 2022 - 00:23 WIB

Jadi Pembicara Kuliah Umum Ilmu Politik UNJA, Yogi: Mahasiswa Fisipol Harus Peka Terhadap Isu-Isu Politik

JAMBI (etivinews.id)- Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Sufrayogi Syaiful menjadi pemateri dalam kuliah umum Prodi Ilmu Politik Universitas Jambi dalam rangka mendukung upaya menciptakan lulusan yang memiliki daya saing dalam dunia pekerjaan dengan tema Persaingan Global, Politik dan Fresh Graduate, Kamis (02/06/22).

Kuliah umum yang digelar di Aula lantai II Jurusan Ilmu Pemerintahan dan Politik (Fisipol) dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dr Arfa’i., S.H. M.H serta Ketua Program Studi Ilmu Politik, Moh. Arief Rakhman, S.IP., M.I.Pol dan dipandu Moderator Dori Efendi, Ph.d dan diikuti oleh mahasiswa Jisipol baik secara langsung maupun melalui zoom.

BACA LAINNYA  Siswa-Siswi SDN 18 Kuala Tungkal Antusias Ikuti Vaksinasi Anak

Selaku Moderator, Dori menjelaskan mahasiswa Fisipol harus mampu menganalisi situasi perpolitikan yang sedang memanas, Utamanya, perang yang sedang terjadi di Ukraina.

“Perang antara Ukraina dan Rusia diawali dengan perang kepentingan yang tidak terelakkan lagi, motif utamanya tentu ekonomi,” ungkapnya.

Peserta Kuliah Umum Ilmu Politik UNJA

Sedangkan Yogi Dalam paparannya menjelaskan bahwa konflik di antara Ukraina dan Rusia memberikan pengaruh kepada Indonesia.

BACA LAINNYA  Wakil Bupati Tanjab Barat Hadiri Tabligh Akbar Bersama UAS di Desa Purwodadi

“Pengaruhnya cukup besar terhadap situasi Indonesia, terutama dalam masalah ekonomi dan politik, ini bisa dilihat dari proses akan dilaksanakannya pertemuan G20 di Indonesia,” katanya.

Sebagai mahasiswa Fisipol kata Yogi penguasaan terhadap analisis politik dan teknologi menjadi suatu keharusan yang harus dimiliki.

“Kita harus bisa beradaptasi dengan perubahan dunia yang semakin cepat, terlebih dalam penguasaan teknologi,” jelasnya.

Syufrayogi Syaiful, S.IP Ketua Komisi II DPRD Diberikan Cendra Mata Oleh Panitia Penyelenggara Kuliah Umum

Diharapkan dalam kegiatan ini, mahasiswa Fisipol dapat lebih peka mengenai isu politik global dan dapat memiliki daya saing dalam skala global.

BACA LAINNYA  Bupati Sambut Kontingen Atlet Porprov di Rumah Dinas

“Di era sekarang, persaingan menjadi hal yang tidak bisa dihindari, untuk itu Mahasiswa Jisipol harus dapat beradaptasi dan peka terhadap isu-isu politik yang ada,” tambahnya.

Jika hal itu dimiliki, maka setelah lulus nanti, mahasiswa Jisipol dapat bersaing dalam dunia kerja yang semakin sulit.

Para mahasiswa sendiri tampak antusias mengikuti kuliah umum dan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada narasumber

Share :

Baca Juga

Berita

Ketua Umum IGI Hadiri Langsung Kegiatan Pendampingan POP IGI Tanjab Barat di SMPN 2 Betara

Berita

Heboh ! Penemuan Mayat Tanpa Identitas di BTN Pelangi Jabung Raya Asri Kuala Tungkal

Berita

Bupati Tanjab Barat Buka Secara Resmi Pelepasan Festival Pawai Takbiran Idul Fitri 1444 H

Berita

PT WKS Bantah Dugaan Penggelapan Pajak Oleh Pihak Kamijo, Ketua Komisi II : Kita Kroscek sama-sama kelapangan

Berita

Wakil Bupati Tanjab Barat Hairan, Ikuti Gowes Bersama Kodim 0419/Tanjab

Berita

Bupati Resmikan Jembatan Di Parit Selamat Seberangkota

Berita

Bupati Hadiri Paripurna DPRD Pengambilan Keputusan Terhadap Ranperda Perubahan APBD Tanjab Barat Tahun 2023

Berita

Pemkab Tanjab Barat Gelar Tabligh Akbar Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H