Perkokoh Tali Silaturahmi dan Soliditas MPC Pemuda Pancasila Tanjab Barat Gelar Buka Puasa Bersama dan Berikan Santunan Kepada Anak Difabel Pererat Silaturahmi, SMSI Tanjab Barat Buka Puasa Bersama Bupati Selaku Dewan Pembina 36 Pejabat Manajerial Dilingkungan Pemkab Tanjab Barat Dilantik, PJ Sekda Dahlan Pimpin Proses Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Menparekraf RI Sandiaga Uno Apresiasi Suksesnya Festival Arakan Sahur Tanjab Barat Sebagai Simbol Pelestarian Budaya dan Promosi Pariwisata Daerah Bupati Anwar Sadat Dampingi Menparekraf Sandiaga Uno Kunjungi Wisata Mangrove Pangkal Babu

Home / Berita / Daerah / Pendidikan

Minggu, 7 Agustus 2022 - 20:32 WIB

Kohati PB HMI Bersama Kohati Badko Jambi Gelar Seminar Kohati Penggerak Literasi

Jambi (etivinews.id)- Kohati PB HMI khususnya Bidang Tikom berkolabarasi Bersama Kohati BADKO Jambi menyelenggarakan seminar Kohati penggerak Literasi dengan tema Implementasi Literasi digital terhadap kecakapan masyarakat dalam pembangunan daerah dan negara yang bertujuan meningkatkan kapasitas literasi digital masyarakat guna utilisasi internet dan teknologi digital yang lebih optimal, terbentuknya kesadaran dan mental untuk cerdas dan bijak bermedia khususnya media sosial dan mengetahui peran kohati dalam meningkatkan literasi media.

Kegiatan ini dihadiri oleh bapak Husairi Selaku Sahli 3 Gubernur Jambi dan peserta kurang lebih 150 orang dari berbagai komunitas, OKP, Paguyuban, Lembaga Literasi, siswa/siswi SMA, SMK, MA serta ibu bapak dosen dan karang taruna secara offline dan 200 lebih peserta secara online. Seminar ini dilaksanakan Balitbangda Jambi hari jumat, (05/08/22).

Berbicara tentang media sosial tentu memiliki dampak positif dan negatifnya. Oleh karena itu Medsos memiliki dampak positif jika digunakan dengan bijak seperti untuk membangun koneksi pertemanan, mempromosikan barang dan jasa (UMKM) hingga membantumu mendapat informasi terkini di seluruh dunia.

BACA LAINNYA  Pererat Tali Silaturahmi SMKN 1 Tanjab Barat Gelar Acara Halal Bihalal

“Namun, di balik itu semua, medsos juga memiliki dampak buruk. Misal, sampai kecanduan bermain medsos hingga membuatmu insecure ketika melihat kehidupan orang lain di dunia maya” Sebelumnya kegiatan leterasi ini juga pernah dilakukan di Mataram, NTB”. Tambah, Umiroh Fauziah.

“Maka dengan ini kohati PB HMI Akan tetap mengedukasi Kecakapan berliterasi dan bijak dalam bermedia sosial” Tutur Ketua Umum PB HMI Kohati.

Acara diskusi ini juga di hadiri, Rusli Kamar Siregar M.SID (Komisi II DPRD Provinsi Jambi). Beliau menyebutkan masih banyak di jambi ini daerah pelosok yang masih tak terjangkau akses sinyal provider untuk internet. Disini meminta pemerintah Jambi khususnya, supaya lebih berani dalam berinovasi terutama dalam mendorong pembangunan infrastruktur teknologi sehingga akses internet tembus ke pelosok.

“Dengan adanya internet dapat menunjang kinerja sistem informasi desa, mendapatkan berbagai informasi terkini di bidang pemerintahan, pendidikan, dan lainnya lebih cepat”. kata Rusli Kamar Siregar.

Peraturan mengenai penggunaan teknologi informasi dan komunikasi diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Seiring dengan meningkatnya pengguna internet khususnya di Indonesia media sosial, bermunculan banyak kasus terkait informasi dan transaksi elektronik.

BACA LAINNYA  Cek NIK Kamu Disini Untuk Dapatkan Bantuan Rp 1.2 Juta

“Beberapa pasal menjadi langganan para pelanggar, dilihat dari tingginya kasus yang mendominasi, seperti pencemaran nama baik, teror online, dan penyebaran berita bohong atau hoaks”. Cetus, Siti Masnidar (Trainer News Initiative). Dengan hal tersebut agar terhindar dari jeratan UUD ITE, maka kita harus bijak dalam bermedia sosial. Tutup Siti Masnidar.

Acara ini juga di isi oleh KPID Jambi, “Digitalisasi harus berorientasi pada keberagaman konten. Televisi saat ini lebih didominasi oleh dua jenis konten: hiburan dan berita. Sementara konten anak, perempuan, pendidikan, budaya yang masih belum terlalu kelihatan. Nah, ada beberapa konten yang bersifat kekerasan. Maka dengan ini harus ada pengawasan yang khusus”. Tuturnya.

Senada dengan itu, wakil ketua KPID Provinsi jambi itu menegaskan Digitalisasi penyiaran harus memberikan banyak pilihan konten yang positif. ,” ujar Asriadi.

BACA LAINNYA  Heboh, Warga Kuala Tungkal Temukan Jejak Hewan Asing, Ternyata Tapir Nyasar

Acara ini juga di isi Kapaldo Jambi yang di wakili oleh Mansur MPd.i Kasubbid PID Bid. Humas Polda jambi dalam paparan materinya. “semua penguna internet harus mampu menjaga data pribadi”. Ajaknya.

Cyber crime atau kejahatan siber secara hukum mengacu pada aktivitas kejahatan dengan menggunakan komputer atau jaringan komputer sebagai alat, sasaran, atau tempat terjadinya kejahatan. Tindak pidana cyber crime diantaranya yaitu penipuan lelang secara online, pemalsuan cek, penipuan kartu kredit atau carding, confidence fraud (penipuan kepercayaan), penipuan identitas, bahkan ajakan untuk masuk dalam jaringan terorisme dan pornografi anak serta hate speech. Tuturnya. Maka dengan ini mengajak semua pihak pengunan jaringan, agar selalu waspada dan selektif dalam mengunakan interinet.

Suasana Seminar Kohati Penggerak Literasi Jum’at (05/08/22)

Ketua panitia Nurainun, berterimakasih atas semua pihak, kominfo, pemateri yang ikut andil membersamai dalam acara Seminar Literasi yang digagas dengan tema Kohati pengerak literasi. Acara ini adalah bentuk edukasi literasi digital Kohati PB HMI, kohati Badko Jambi. Tutupnya.

Share :

Baca Juga

Berita

Bupati Sampaikan KUA dan PPAS APBD Tanjab Barat Tahun 2024 Pada Rapat Paripurna DPRD

Berita

Pemkab Tanjab Barat Gelar Upacara Hari Perhubungan Nasional Tahun 2023

Berita

Bupati Tanjab Barat Hadiri Haul Syekh Abdul Qodir Al Jailani

Berita

Bupati Pimpin Langsung Rapat Fasilitasi Percepatan Penanganan Konflik Lahan Antara Tiga Desa dengan PT Bukit Kausar

Berita

Bupati Anwar Sadat Hadiri Rapat Pembahasan Tapal Batas Daerah Tanjabbar-Tanjabtim, Kesepakatan Tahun 2021 Dibatalkan

Berita

H-5 Pelaksanaan MTQ ke-50 Tingkat Provinsi Jambi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Berita

Bupati Anwar Sadat Berikan Santunan Kepada Janda dan Lansia

Berita

Musyawarah Daerah IGI Tanjab Barat Ke-1 Heni Septi Nuraini Terpilih Kembali Sebagai Ketua Periode 2023-2028