Perkokoh Tali Silaturahmi dan Soliditas MPC Pemuda Pancasila Tanjab Barat Gelar Buka Puasa Bersama dan Berikan Santunan Kepada Anak Difabel Pererat Silaturahmi, SMSI Tanjab Barat Buka Puasa Bersama Bupati Selaku Dewan Pembina 36 Pejabat Manajerial Dilingkungan Pemkab Tanjab Barat Dilantik, PJ Sekda Dahlan Pimpin Proses Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Menparekraf RI Sandiaga Uno Apresiasi Suksesnya Festival Arakan Sahur Tanjab Barat Sebagai Simbol Pelestarian Budaya dan Promosi Pariwisata Daerah Bupati Anwar Sadat Dampingi Menparekraf Sandiaga Uno Kunjungi Wisata Mangrove Pangkal Babu

Home / Berita / Budaya / Daerah / Islam / Politik / Politik

Senin, 18 Maret 2024 - 08:26 WIB

Menparekraf RI Sandiaga Uno Apresiasi Suksesnya Festival Arakan Sahur Tanjab Barat Sebagai Simbol Pelestarian Budaya dan Promosi Pariwisata Daerah

Menparekkraf RI Sandiaga Uno Hadiri Pembukaan Festival Arakan Sahur Tanjab Barat Minggu (17/03/24)

Menparekkraf RI Sandiaga Uno Hadiri Pembukaan Festival Arakan Sahur Tanjab Barat Minggu (17/03/24)

Kuala Tungkal (e-tivinews.id)-Sandiaga Uno Apresiasi Bupati Tanjab Barat atas Suksesnya Festival Arakan Sahur Keberhasilan Festival Arakan Sahur di Kabupaten Tanjung Jabung Barat mendapat pengakuan yang luar biasa dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno. Festival Arakan Sahur yang kini menjadi bagian dari Kharisma Event Nusantara 2024, tidak hanya meramaikan bulan suci Ramadhan, tetapi juga menjadi simbol pelestarian budaya dan promosi pariwisata daerah. Minggu (17/03/24).

Acara yang diselenggarakan di Alun-alun Kuala Tungkal tersebut, cukup menarik perhatian masyarakat, tidak hanya masyarakat lokal, tetapi juga banyak masyarakat dari luar daerah datang untuk ikut menyaksikan festival arakan sahur.

Dalam sambutannya, Bupati Tanjab Barat, Anwar Sadat menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan penuh Menteri Sandiaga Uno dalam memajukan Festival Arakan Sahur sebagai bagian dari Kharisma Event Nusantara 2024.

BACA LAINNYA  Terpilih Sebagai Miss Kohati Raudhatul Jannah : HMI Wati Harus Tetap Istiqomah Menebar Manfaat

Dijelaskannya, bahwa festival arakan sahur merupakan festival tradisi membangunkan sahur yang selalu diselenggarakan dari tahun ke tahun di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

“Alhamdulillah pada tahun ini festival arakan sahur telah masuk dalam kalender nasional dan menjadi salah satu dari 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) Tahun 2024, yang sebelumnya festival arakan sahur juga sudah pernah meraih penghargaan dari Pak Menteri Sandiaga Uno untuk video terbaik peringkat 4 Thema ” Event Daerah pada ajang lomba video BBWI Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Tahun 2023, ” ujarnya.

Festival Arakan Sahur telah menjadi salah satu acara yang paling dinantikan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat setiap tahunnya. Menariknya, acara ini tidak hanya memperkenalkan tradisi membangunkan sahur yang unik, tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi perekonomian lokal, khususnya sektor UMKM dan ekonomi kreatif.

BACA LAINNYA  Ketua Komisi II DPRD Tanjab Barat Syufrayogi Syaiful, S.IP Ikut Turun Kelapangan Tinjau Lokasi Banjir Perkebunan Di Bram Itam Akibat Luapan Kanal PT. WKS

Menteri Sandiaga Uno juga memberikan pujian atas kolaborasi yang kuat antara pemerintah daerah dan masyarakat dalam menyelenggarakan festival ini. Ia mengapresiasi capaian prestasi dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang telah mencatatkan event terbaik se- Indonesia yaitu Festival Arakan Sahur yang pertama kalinya masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara.

” Untuk mencapainya ini tidaklah mudah karena bersaing dengan ratusan event – event lainnya, dinilai secara hati-hati dan detail sehingga akhirnya kali ini festival arakan sahur dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat bisa masuk ke dalam festival terbaik se-Nusantara, ” tuturnya.

“Festival Arakan Sahur tidak hanya meramaikan bulan suci Ramadhan, tetapi juga menjadi simbol harmoni dan keragaman budaya. Saya berharap festival arakan sahur ini menjadi daya tarik pariwisata religi bukan hanya di tingkat nasional tetapi sampai ke tingkat internasional dan para turis-turis luar bisa melihat festival ini sebagai keunikan sebuah tradisi, ” ucapnya

BACA LAINNYA  New Car Technology May Take The Wheel out of Human Hands

Diakhir sambutannya Sandiaga Uno menyampaikan bahwa dirinya ingin mengangkat festival arakan sahur sebagai salah satu tulang punggung kekuatan destinasi wisata Indonesia yang menjadikan Indonesia peringkat 1 sebagai destinasi pariwisata ramah muslim terbaik didunia.

 

Dengan penghargaan ini, Bupati Tanjung Jabung Barat semakin dikenal sebagai pemimpin yang peduli terhadap pelestarian budaya dan pengembangan pariwisata lokal. Keberhasilan Festival Arakan Sahur juga menunjukkan bahwa upaya Bupati Anwar Sadat untuk memajukan daerahnya telah memberikan dampak positif yang nyata bagi masyarakat dan perekonomian Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

 

Share :

Baca Juga

Berita

Resmi Dibuka, Turnamen Esport Tanjab Barat Disambut Antusias Peserta dan Penonton

Berita

Si Jago Merah Lahap Sejumlah Rumah dan Kios Di Parit 1 Kuala Tungkal

Berita

KPU Tanjab Barat Resmi Umumkan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Tanjab Barat Untuk Pemilu Tahun 2024

Berita

Kabar Gembira Bagi Pecinta Skincare MS GlOW Kuala Tungkal, MS GLOW Tungkal Sari Resmi menjadi Agen MS GLOW di Kuala Tungkal.

Berita

Penetapan Perda RTRW Rugikan Tanjab Barat, Ahmad Jahfar sebut Tanjab Barat akan kehilangan Ratusan Milyar dari sektor DBH

Berita

Ular Piton Sepanjang 7 Meter Telan Warga Terjun Jaya Saat Motong Karet

Berita

Bupati Anwar Sadat Berikan Santunan Kepada Janda dan Lansia

Berita

Si Jago Merah Lahap 4 Rumah Di Kuala Tungkal