Polisi Terbitkan DPO Oknum Kepala Sekolah Terduga Pelaku Pelecehan Seksual Fraksi Golkar Minta Pemerintah Daerah Perhatikan Target RPJMD di Akhir Masa Jabatan Bupati dan Soroti Soal Sampah Bupati Tanjab Barat Anwar Sadat Serahkan 1467 SK Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tiga Terduga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Di Tebing Tinggi Tanjab Barat Diamankan Polisi Petani Pangkal Babu Sukses Budidaya Semangka, Keuntungan Diperkirakan Tembus Ratusan Juta

Home / Berita / Budaya / Daerah / Islam / Politik / Politik

Senin, 18 Maret 2024 - 08:26 WIB

Menparekraf RI Sandiaga Uno Apresiasi Suksesnya Festival Arakan Sahur Tanjab Barat Sebagai Simbol Pelestarian Budaya dan Promosi Pariwisata Daerah

Menparekkraf RI Sandiaga Uno Hadiri Pembukaan Festival Arakan Sahur Tanjab Barat Minggu (17/03/24)

Menparekkraf RI Sandiaga Uno Hadiri Pembukaan Festival Arakan Sahur Tanjab Barat Minggu (17/03/24)

Kuala Tungkal (e-tivinews.id)-Sandiaga Uno Apresiasi Bupati Tanjab Barat atas Suksesnya Festival Arakan Sahur Keberhasilan Festival Arakan Sahur di Kabupaten Tanjung Jabung Barat mendapat pengakuan yang luar biasa dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno. Festival Arakan Sahur yang kini menjadi bagian dari Kharisma Event Nusantara 2024, tidak hanya meramaikan bulan suci Ramadhan, tetapi juga menjadi simbol pelestarian budaya dan promosi pariwisata daerah. Minggu (17/03/24).

Acara yang diselenggarakan di Alun-alun Kuala Tungkal tersebut, cukup menarik perhatian masyarakat, tidak hanya masyarakat lokal, tetapi juga banyak masyarakat dari luar daerah datang untuk ikut menyaksikan festival arakan sahur.

Dalam sambutannya, Bupati Tanjab Barat, Anwar Sadat menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan penuh Menteri Sandiaga Uno dalam memajukan Festival Arakan Sahur sebagai bagian dari Kharisma Event Nusantara 2024.

BACA LAINNYA  Pedagang Mengeluh, Harga Daging Ayam Melangit

Dijelaskannya, bahwa festival arakan sahur merupakan festival tradisi membangunkan sahur yang selalu diselenggarakan dari tahun ke tahun di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

“Alhamdulillah pada tahun ini festival arakan sahur telah masuk dalam kalender nasional dan menjadi salah satu dari 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) Tahun 2024, yang sebelumnya festival arakan sahur juga sudah pernah meraih penghargaan dari Pak Menteri Sandiaga Uno untuk video terbaik peringkat 4 Thema ” Event Daerah pada ajang lomba video BBWI Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Tahun 2023, ” ujarnya.

Festival Arakan Sahur telah menjadi salah satu acara yang paling dinantikan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat setiap tahunnya. Menariknya, acara ini tidak hanya memperkenalkan tradisi membangunkan sahur yang unik, tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi perekonomian lokal, khususnya sektor UMKM dan ekonomi kreatif.

BACA LAINNYA  Kapolda Jambi Sambut Hangat Audiensi DPD KNPI Provinsi Jambi dan Dukung Penuh Keberangkatan KNPI Pada Kongres Pemuda di Maluku Utara

Menteri Sandiaga Uno juga memberikan pujian atas kolaborasi yang kuat antara pemerintah daerah dan masyarakat dalam menyelenggarakan festival ini. Ia mengapresiasi capaian prestasi dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang telah mencatatkan event terbaik se- Indonesia yaitu Festival Arakan Sahur yang pertama kalinya masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara.

” Untuk mencapainya ini tidaklah mudah karena bersaing dengan ratusan event – event lainnya, dinilai secara hati-hati dan detail sehingga akhirnya kali ini festival arakan sahur dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat bisa masuk ke dalam festival terbaik se-Nusantara, ” tuturnya.

“Festival Arakan Sahur tidak hanya meramaikan bulan suci Ramadhan, tetapi juga menjadi simbol harmoni dan keragaman budaya. Saya berharap festival arakan sahur ini menjadi daya tarik pariwisata religi bukan hanya di tingkat nasional tetapi sampai ke tingkat internasional dan para turis-turis luar bisa melihat festival ini sebagai keunikan sebuah tradisi, ” ucapnya

BACA LAINNYA  Bupati Hadiri Pelantikan DPC ASKI Kabupaten Tanjab Barat

Diakhir sambutannya Sandiaga Uno menyampaikan bahwa dirinya ingin mengangkat festival arakan sahur sebagai salah satu tulang punggung kekuatan destinasi wisata Indonesia yang menjadikan Indonesia peringkat 1 sebagai destinasi pariwisata ramah muslim terbaik didunia.

 

Dengan penghargaan ini, Bupati Tanjung Jabung Barat semakin dikenal sebagai pemimpin yang peduli terhadap pelestarian budaya dan pengembangan pariwisata lokal. Keberhasilan Festival Arakan Sahur juga menunjukkan bahwa upaya Bupati Anwar Sadat untuk memajukan daerahnya telah memberikan dampak positif yang nyata bagi masyarakat dan perekonomian Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

 

Share :

Baca Juga

Berita

Pemkab Tanjab Barat Gelar Upacara Harkitnas ke-115

Berita

Pelaku Begal Payudara Tertangkap OKP Bidang Perempuan Apresiasi Polres Tanjab Barat

Berita

Pemkab Tanjab Barat Gelar Tabligh Akbar Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H

Berita

Pemkab Tanjab Barat Gelar Upacara Hari Santri Nasional Tahun 2023

Berita

Maraknya Begal Payudara, KNPI Tanjab Barat Minta Polisi Gerak Cepat Tangkap Pelaku.

Berita

Petrochina Laksanakan Kegiatan Sekolah Aman Bencana di TK IGI Plus Tanjung Jabung Barat

Islam

Tidak Hanya Maulid Nabi Ternyata Ini Deretan Peristiwa di Tanggal 12 Rabiul Awal

Berita

Wakil Bupati Hadiri Puncak Peringatan Hari Ibu Ke-94 Oleh GOW Tanjab Barat