Perkokoh Tali Silaturahmi dan Soliditas MPC Pemuda Pancasila Tanjab Barat Gelar Buka Puasa Bersama dan Berikan Santunan Kepada Anak Difabel Pererat Silaturahmi, SMSI Tanjab Barat Buka Puasa Bersama Bupati Selaku Dewan Pembina 36 Pejabat Manajerial Dilingkungan Pemkab Tanjab Barat Dilantik, PJ Sekda Dahlan Pimpin Proses Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Menparekraf RI Sandiaga Uno Apresiasi Suksesnya Festival Arakan Sahur Tanjab Barat Sebagai Simbol Pelestarian Budaya dan Promosi Pariwisata Daerah Bupati Anwar Sadat Dampingi Menparekraf Sandiaga Uno Kunjungi Wisata Mangrove Pangkal Babu

Home / Berita / Daerah / Politik

Senin, 26 Februari 2024 - 15:20 WIB

Refleksi 3 Tahun Kepemimpinan Bupati Wakil Bupati UAS-HAIRAN Gelar Rangkaian Acara di Desa Purwodadi

Tanjab Barat (e-tivinews.id)-  Kabupaten Tanjung Jabung Barat merayakan tonggak sejarah tiga tahun kepemimpinan Bupati Tanjabbar Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag dan Wakil Bupati H. Hairan, SH. Acara tasyakuran yang digelar Senin, (26/02/24) di Desa Purwodadi Kecamatan Tebing Tinggi menjadi momen penting bagi pemerintah daerah dan masyarakat untuk merenungkan pencapaian, tantangan, dan visi untuk masa depan yang lebih baik.

Dalam kurun waktu tersebut, pemerintah telah berupaya maksimal memenuhi aspirasi masyarakat serta mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi, menjadikan pembangunan infrastruktur, kesehatan, pendidikan, dan ekonomi sebagai prioritas utama. Semangat kolaborasi dan komitmen untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 terpancar dalam setiap langkah pembangunan yang diambil, memperkuat keyakinan bahwa transformasi menuju masa depan yang gemilang adalah hal yang tak terelakkan.

Dalam bidang infrastruktur, Bupati Tanjab Barat menyampaikan bahwa pemerintah daerah telah melakukan strategi pemenuhan ketersediaan infrastruktur dasar seperti jalan, jembatan, dermaga, air bersih, dan lampu jalan. Dari tahun 2021 hingga tahun 2023, anggaran sebesar 1,021 triliun lebih telah dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur dasar. Saat ini, kondisi jalan di Tanjung Jabung Barat telah mencapai 45 persen, meningkat dari sebelumnya 38 persen pada tahun 2021.

BACA LAINNYA  Tinjau Banjir Desa Mandala Jaya, Karang Taruna Tanjab Barat Bagikan Bantuan Sembako

“Pembangunan wilayah di kecamatan seberang kota dan kuala betara juga menjadi prioritas, dengan pembangunan jalan baru sepanjang 11,5 km, peningkatan jalan 79,92 km, pemeliharaan jalan 61,29 km, dan pembangunan 17 unit jembatan,” katanya

Selain itu, upaya peningkatan akses listrik dan air bersih juga terus dilakukan, dengan rasio elektrifikasi yang telah mencapai 98 persen dan peningkatan jaringan air bersih perpipaan.

Di sektor pendidikan, strategi pembangunan dan rehabilitasi sarana serta program pendidikan telah menghasilkan peningkatan signifikan dalam rata-rata lama sekolah dan indeks literasi masyarakat.

BACA LAINNYA  Bupati Hadiri Rapat Paripurna DPRD Penyampaian Nota Pengantar Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Tanjab Barat TA 2022

Sementara di bidang kesehatan, fokus utama adalah pada pelayanan kesehatan yang berkualitas, pembangunan fasilitas kesehatan, dan peningkatan kualitas tenaga kesehatan. Capaian terbaik adalah penurunan angka stunting dari 19,8 persen pada tahun 2021 menjadi 9,9 persen pada tahun 2023.

Di sektor pertanian, pemerintah daerah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan, termasuk pemberian bantuan sarana pertanian, pembangunan sumber irigasi air, dan pembelian excavator amphibi untuk penanganan masalah banjir di perkebunan rakyat.

Dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat, pemerintah daerah memberikan berbagai bantuan dan pelatihan untuk usaha mikro, kecil, dan menengah serta memfasilitasi pemasaran hasil produksi. Hasilnya, angka kemiskinan turun dari 10,00 persen menjadi 9,79 persen, sementara pertumbuhan ekonomi naik dari 2,56 persen menjadi 3,51 persen.

“Selama tiga tahun kepemimpinan, Kabupaten Tanjung Jabung Barat juga meraih berbagai penghargaan dan prestasi dari pemerintah provinsi dan pusat atas capaian dan inovasinya dalam berbagai bidang,” ungkap Bupati

BACA LAINNYA  Ternyata Ini Penyebab Terjadinya Padamnya Listrik di Kuala Tungkal

Bupati Tanjabbar Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Tanjung Jabung Barat, unsur Forkopimda, serta seluruh anggota DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat atas dukungan dan kerjasamanya dalam proses pembangunan. Mereka berkomitmen untuk terus memperjuangkan pembangunan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan dengan kapasitas keuangan daerah.

Kepemimpinan Bupati Tanjabbar Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag dan Wakil Bupati H. Hairan, SH masih menyisakan satu tahun lagi, dan mereka berharap dapat terus mewujudkan perubahan yang positif demi kesejahteraan masyarakat Tanjung Jabung Barat.

Acara tasyakuran dihadiri oleh ribuan masyarakat Tanjabbar, serta para pejabat daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan undangan lainnya. Acara tasyakuran juga diisi dengan berbagai kegiatan, seperti pelayanan pembuatan KTP Digital, penjualan sembako murah, bazar dan makan gratis.

Share :

Baca Juga

Berita

Bupati Tanjab Barat Pimpin Upacara Peringatan HUT KORPRI ke-51 Tahun 2022

Berita

Tim INAFIS Satreskrim Polres Tanjab Barat Lakukan Olah TKP Kebakaran Gudang di Sungai Saren, Bram Itam

Berita

Diduga Lakukan Aborsi Seorang Perempuan dan Bayi Ditemukan Meninggal Di Kamar Hotel Di Kuala Tungkal

Berita

DPD Partai Golkar Tanjab Barat Resmi Daftarkan 35 Bacaleg Ke KPU, Targetkan Rebut 9 Kursi DPRD

Berita

Petrochina Laksanakan Kegiatan Sekolah Aman Bencana di TK IGI Plus Tanjung Jabung Barat

Berita

Bupati Turut Hadiri Buka Bersama DPD Partai Golkar Tanjab Barat

Berita

Wakil Bupati Hairan, Hadiri Dies Natalis HMI ke-76

Berita

Penetapan Perda RTRW Rugikan Tanjab Barat, Ahmad Jahfar sebut Tanjab Barat akan kehilangan Ratusan Milyar dari sektor DBH