Menggelegar Raudhah Ketua Senat Mahasiswa IAI An-Nadwah Kuala Tungkal Sampaikan Orasi Dalam Rangka HUT Bhayangkara Ke-78 Hadiri Deklarasi Anti Narkotika Yogi Ajak Generasi Muda Suarakan Bahaya Penyalahgunaan Narkotika Ribuan Pelampung Diberikan kepada Nelayan Tanjab Barat dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-78 Pemotongan Hewan Qurban Pemuda Pancasila Dilakukan Langsung Oleh Bupati Anwar Sadat Gelaran MTQ Ke-31 Tingkat Desa Tungkal I Disambut Antusias Warga Sekitar
YouTube

YouTube Embed: No video/playlist ID has been supplied

Home / Berita / Budaya / Islam

Senin, 10 Juni 2024 - 10:42 WIB

Gelaran MTQ Ke-31 Tingkat Desa Tungkal I Disambut Antusias Warga Sekitar

Foto : Gelaran MTQ Ke-31 Tingkat Desa Tungkal 1

Foto : Gelaran MTQ Ke-31 Tingkat Desa Tungkal 1

Kuala Tungkal (e-tivinews.id)-Sejak Selasa (04/06/24) hingga  Sabtu (08/06/24) warga desa Tungkal 1 tampak antusias dalam mengikuti MTQ ke-31 dengan tema “Melalui Musabaqoh Tilawatil Quran kita gali potensi minat dan bakat generasi pecinta Al-Quran yang Cerdas Unggul Dan Berkarakter” di desanya, tepatnya di RT 04 Parit Lapis. Hal ini di karenakan festival keagamaan Islam kali ini merupakan acara yang sudah tidak dilaksanakan sejak 5 tahun terakhir.

Muhsin selaku ketua pelaksana menyebutkan bahwa festival religi ini melibatkan seluruh warga desa Tungkal 1 untuk berpartisipasi, baik sebagai peserta maupun panitia.

BACA LAINNYA  Tersangka Kasus Begal Payudara Ajukan Pra Peradilan, OKP Bidang Perempuan : Gangguan Jiwa Kok Boleh Bawa Mobil?

Sebelum acara inti di mulai terlebih dahulu dibuka oleh penampilan hadrah di setiap malamnya, yang mana anggota dari grup hadrah tersebut merupakan remaja Desa Tungkal 1 yang sudah terbentuk jauh sebelum festival keagamaan Islam ini diadakan.

Dalam acara MTQ ke-31 tingkat desa kali ini terdiri dari beberapa cabang lomba yang dikelompokkan menjadi 3 kalangan mulai dari anak-anak usia maksimal 14 tahun, remaja maksimal usia 23 tahun hingga dewasa usia maksimal 39 tahun.

Adapun cabang lomba di kalangan anak-anak meliputi Tilawatil Qur’an putra putri, Tartil Qur’an putra putri, dan Tahfiz Qur’an putra putri. Di kalangan remaja meliputi Tilawatil Qur’an putra putri, Tartil Qur’an putra putri, Berzanji Natsar dan Maulid Habsyi. Serta di kalangan dewasa Tilawatil Qur’an putra putri, Berzanji Natsar dan Maulid Habsyi.

BACA LAINNYA  Bupati Resmikan Rumah Singgah Bagi Keluarga Pasien RSUD KH. Daud Arif Kuala Tungkal

Tidak hanya banyak cabang lomba Islami yang diadakan, acara keagamaan Islam kali ini juga mengadakan lelang.

“Acara lelang ini sudah diatur sedemikian rupa oleh panitia, di mana beberapa warga sudah di tunjuk untuk melelang hasil karya mereka di setiap malamnya. Kemudian keuntungan lelang dibagi kedua pihak yaitu pihak surau Al-Irsyad Parit Lapis dan pihak panitia.

BACA LAINNYA  Syufrayogi Anggota DPRD Muda Tanjab Barat, Sambangi Petugas Taman Serta Ikut Menanam Bibit Tanaman di Taman Jalur Dua Parit Gompong

Hasil yang diberikan kepada pihak panitia digunakan sebagai dana tambahan untuk lebih  memeriahkan acara di malam selanjutnya”, Ujar Pak Muhsin.

Hal menarik selain diadakannya lelang para warga diberikan kesempatan untuk menjual barang dagangan di bazar acara tersebut. Hal ini membuat kalangan ibu -ibu berlomba-lomba membuat kue terbaik untuk dititipkan di bazar. Kemudian panitia bazar menjual dengan harga yang sedikit lebih tinggi  untuk mendapatkan keuntungan. (Mhs)*

Share :

Baca Juga

Berita

Bupati Anwar Sadat Terima Penghargaan Peduli Kekayaan Intelektual dari Kemenkumham

Berita

Aksi Mahasiswa Tolak Pelemahan KPK, Saat Firli Bahuri Berkunjung ke Jambi

Berita

Hairan Hadiri Rapat Paripurna DPRD Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2023

Berita

Menjadi Tempat Wisata Paling Populer Di Kuala Tungkal, Bronut Terus Berupaya Membantu Pemerintah dalam Pengelolaan Titian Orang Kayo Mustiko Rajo Alam

Berita

Karang Taruna Tanjab Barat Laksanakan Kegiatan Ramadhan Berbagi

Berita

Bupati dan Wabup Tanjab Barat Safari Ramadhan ke Desa Brasau Kecamatan Tungkal Ulu

Berita

Netizen Heboh !!! Listrik di Kuala Tungkal Sekitar sering padam, Ternyata ini sebabnya.

Berita

Bupati Tanjung Jabung Barat Meresmikan Taman Pemakaman Umum (TPU) Berkah